24 November 2011

BERDZIKIR

Dzikir adalah suatu cara / media untuk menyebut/mengingat nama Allah dalam segala aktivitas baik lisan maupun perbuatan, semua bentuk aktivitas yang tujuannya mendekatkan diri kepada Alloh itulah dinamakan dzikir. Dzikir mengingat Alloh adalah kegiatan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan dimana saja ketika berdiri , duduk dan berbaring .

Alloh Ta’ala berfirman:
“Dan sesungguhnya berdzikir kepada Allah itu adalah lebih besar -keutamaannya-.”
(Qs.al-’Ankabut: 45)
“Maka berdzikirlah engkau semua kepadaKu, tentu Aku akan ingat padamu semua.”
(Qs.Al-Baqarah: 152)
“Dan berdzikirlah kepada Tuhanmu dalam hatimu dengan rendah hati dan takut dan bukan dengan suara keras, di waktu pagi dan petang dan janganlah engkau termasuk orang-orang yang lalai” (Qs.Al-A’raf: 205)
“Dan berdzikirlah engkau semua kepada Allah dengan sebanyak-banyaknya, supaya engkau semua berbahagia.” (Qs.Al-Jumu’ah: 10)
“Sesungguhnya orang-orang Islam, lelaki dan perempuan,” sampai kepada firman Allah Ta’ala: “Dan orang-orang’yang berdzikir kepada Allah, lelaki dan perempuan dengan sebanyak-banyaknya, maka Allah menyediakan kepada mereka itu pengampunan serta pahala yang besar.” (Qs.Al-Ahzab: 35)
“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah kepada Allah dengan dzikir yang sebanyak-banyaknya dan Maha Sucikanlah Allah itu di waktu pagi dan sore,” sampai akhir ayat.
(Qs.Al-Ahzab: 41-42)

Secara bermakna Dzikir bisa diartikan dengan singkatan dari :

DOA : meminta kepada Alloh atas kelemahan dan ketidaktahuan kita, karena Alloh Maha mengetahui segala-galanya baik yang kongkret maupun yang abstrak. Doa adalah kunci menajamkan tujuan akhir yang hendak kita capai. Untuk itu apabila kita akan memulai atau melaksanakan aktivitas maka berdoalah terlebih dahulu, karena doa pengiring atau penuntun keberhasilan dalam segala bidang dengan berdoa yang ikhlas dan benar pasti kemudahan-kemudahan akan kita raih, baik dalam pekerjaan, mencari nafkah, mencari ilmu dan lain-lain.

ZIARAH : melakukan silaturahmi kepada sesama manusia, baik saudara senasab atau pun saudara seagama. Jagalah hubungan baik dengan mereka dan belajarlah dari mereka baik ilmu ataupun pengalaman-pengalaman. Apalagi kalau bersilaturahmi dengan orang alim (berilmu) dan soleh, mintalah berguru kepada mereka, pasti ilmu dan kesolehannya pun aan berimbas kepada kita.

IMAN : keyakinan yang sangat mendalam hanya kepada Alloh SWT, segala sesuatu hal pasti Dia yang mengaturnya. Keberhasilan atau kesuksesan seorang manusia pasti atas pertolongan dan izin dari-Nya. Karena itu iman merupakan kunci sukses dalam mengejar kehidupan baik duniawi maupun ukhrowi.

KOMITMEN : Komitmen atau istiqomah adalah salah satu kunci sukses jua dalam menjalani kehidupan dengan selalau tekun dalam melakukan kebaikan-kebaikan disertai integritas diri yang tinggi. Integritas dalam diri seseorang sangatlah diperlukan, apapun teori anda bagaimana pun cerdasnya pemikiran anda tanpa komitmen dan integritas dalam beramal akan menemui kegagalan.

IKRAR : cita-cita yang kita inginkan atau misi suci yang ingin anda raih perlu di ikrarkan atau di ucapkan kepada orang. Karena akan menjadi motivasi dasar kita untuk berupaya dengan sungguh-sungguh. Kita berikrar kepada orang yang paling dekat dengan kita dengan target tertentu, missal: tahun depan saya harus berhasil menjadi anu, atau saya harus mempunyai anu, dan lain sebagainya. Ikrar yang paling dasar adalah ikrar kepada Alloh sebagai Tuhan dan meridoinya, Islam sebagai agamaku dan Nabi Muhammad SAW sebagai Rosul-Nya. (2 kalimat syahadat dan doa Rodhitu billahi robba...)

REALITAS : pada akhirnya kita harus sadar dengan realitas yang kita hadapi. Kita hanya berusaha dan Alloh yang menentukan (tawakal). Kita harus bersabar dengan realitas yang ada didepan mata kita. Belajarlah untuk menghadapi realitas kehidupan.
Wallohu`alam bis showab


Aboe akbar Abi
(Trusco dan berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar